Monday, February 20, 2012

Hand Over dalam Jaringan Telekomunikasi

Apa itu hand over? Hand Over (HO)  ialah proses perubahan pelayanan/peng-handle-an sebuah Mobile Station (MS) dari suatu BTS ke satu BTS lain dikarenakan adanya pergerakan MS yang menjauhi BTS awal dan mendekati BTS baru. Hand Over hanya terjadi pada saat MS sedang melakukan hubungan dengan MS lain. Kalau perubahan peng-hadle-an terjadi pada saat MS sedang bebas (tidak melakukan call) maka proses itu disebut Location Update, bukan hand over.




Mekanisme Hand over dapat dibagi menjadi 2, yaitu :
  1. Make Before Break, pada mekanisme ini, sebelum MS terhubung dan dilayani oleh BTS yang baru, maka hubungan dengan BTS lama tidak akan diputus. Hubungan dengan BTS lama hanya akan diputus bila hubungan dengan BTS baru sudah dapat dilakukan. Mekanisme ini dapat dilihat pada gambar di atas. Mekanisme ini dikenal juga dengan sebutan Soft Hand Over.
  2. Break Before Make, pada mekanisme ini, MS akan memutuskan hubungan dengan BTS lama walupun hubungan dengan BTS baru belum tercapai. Akibatnya akan ada suatu periode waktu yang singkat dimana MS tidak dilayani oleh BTS manapun. User akan merasakan akibat dari hal ini dalam bentuk terputusnya pembicaraanya sesaat.
Bila dilihat dari lingkup perpindahannya, maka HandOver bisa dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
  1. HandOver Intra BSC, yaitu perpindahan peng-handle-an suatu MS dari satu BTS ke BTS lain, dimana kedua BTS tersebut terhubung ke satu BSC yang sama.
  2. HandOver Inter BSC, yaitu perpindahan peng-handle-an suatu MS dari satu BTS ke BTS lain, dimana kedua BTS tersebut terhubung ke dua BSC yang berbeda, tapi masih dalam satu MSC yang sama.
  3. HandOver Inter MSC, yaitu perpindahan peng-handle-an suatu MS dari satu BTS ke BTS lain, dimana kedua BTS tersebut terhubung ke dua BSC yang berbeda, dan masing-masing BSC terhubung ke MSC yang berbeda juga.
gambar sederhananya kaya gini...
setiap MS berpindah cell, maka itu yang dinamakan hand over........
gitu loh maksudnya saya.........
semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Download Patch dan Cara Patching Samsung Champ GT-C3303i

Assamualaikum Wr. Wb. HP samsung champ anda pengen bisa seperti ini ? Screenshot ? baterai persen ? java minimaze ? dan edit edit dari ro...